Powered By Blogger

Jumat, 01 Juli 2011

Makhuk tidak akan memberi manfaat atau madharat tanpa izin Allah swt.

Makhuk tidak akan memberi manfaat atau madharat tanpa izin Allah swt.Allah swt .mampu meneyelamatkan manusia didalam asbab kecelakaan,Allah swt,mampu mendatangkan manfaat (keselamatan ) walaupun dalam asbab mudharat(kecelakaan) dan perkara ini hanya akan datang dari kesempurnaan iman.Nabi ibrahim a.s.,, diselamatkan oleh Allah swt dalam kobaran api,begitu juga Nabi musa a.s. telah diselamatkan dalam air yang menenggelamkan fira'un ..sedangkan namrudz dibinasakan oleh Allah swt dalam istana nya hanya dengan seekor nyamuk yang pincang dan bersayap sebelah,.
Demikian pula ketika Rasulullahhijrah bersama abu bakar r.a. dan dikejar oleh kaum kafir Quraisy,keduanya bersembunyi didalam gua tsur,Abu bakar r.a,merasa khawatir kalau-kalau ketahuan oleh kaum kafir Quraisy,tetapi rasulullah saw,bersabda,"janganlah engkau takut dan jangan lah engkau bersedih sesungguhnya Allah swt bersama kita!"
usaha para anbiya a.s. adalah usaha mendatangkan kepada umat ini ma'iyyatullah (Allah bersama umat) dan qudratullah (kuasa Allah ditunjukan kepada umat ) ,,sedangkan usaha bagaimana harta,pangkat ,dan jabatan,datang pada umat ini adalah usaha ahli batil.agar umat ini jauh dari Allah swt...
seekor laba-laba  makhluk yang lemah telah diperintahkan oleh Allah swt ,agar membuat sarang untuk menutupi mulut gua padahal Allah swt,bisa saja mengutus malaikat untuk melindungi Rasulullah saw,namun Allah swt ingin menunjukan kekuasaan -nya bahwa makhluk yang paling lemah sekalipun,dapat menjadi asbab keselamatan.
kaum kafir Quraisy mengejar Rasulullah dan Abu bakar hingga ke gua,namun mereka mendapati laba-laba sedang bersarang di mulut gua  dan sepasang burung berada di atas mulut gua tersebut,sehingga mereka berfikir ,tidak mungkin Rasulullah saw,berada dalam gua,orang yang memeikirkan agamanya hanya dengan logikanya adalah seperti fikiran orang-orang kafir,berfikir bagaimana memiliki rumah mewah,perusahaan,kekuasaan agar bisa bahagia adalah fikir akhli bhatil,untuk menghancurkan keyakinan umat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar